SILABUS PKN KELAS 1 SEMESTER 2

DosenPengampu:
Rival Hanip,
S.Pd., M.Pd.
DisusunOleh:
1.
Atik
Listiana (150611100121)
2.
Khomsaturrohmah
(150611100123)
3.
Siti
Nur Fadhilah (150611100148)
4.
Sri
Devi Puspita Sari (150611100159)
PROGRAM STUDI PGSD
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
201
6


KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah kami ucapkan kepada
Allah SWT limpahan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah yang membahas tentang “Silabus PKN SD kelas 1 semester 2”
dengan baik dan tepat waktu. Sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini
dengan baik dan tepat waktu. Tujuan kami membuat makalah ini adalah untuk
memenuhi salah satu tugas kelompok dari mata kuliah Pembelajaran PKN SD. Selain
itu juga untuk menambah wawasan bagi kami dan pembaca.
Kami menyadari bahwa dalam penulisanmakalah
ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan, baik dalam penyusunan kata,
bahasa, dan sistematika pembahasannya. Sebab kata pepatah “tak ada gading yang
tak retak atau dengan pepatah lain tak ada ranting yang tak akan patah”.
Akhir kata, kami mengucapkan terima
kasih kepada pembaca yang sudah berkenan membaca makalah ini dengan tulus
ikhlas.Semoga makalah ini dapat bermanfaat, khususnyabagi penulis dan pembaca.
Bangkalan, 12 Sepetember 2016
Tim
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .............................................................................................. i
KATA PENGANTAR ........................................................................................... ii
DAFTAR ISI ......................................................................................................... iii
BAB I: PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang ................................................................................... 1
1.2 Rumusan masalah .............................................................................. 1
1.3 Tujuan dan manfaat ........................................................................... 2
BAB II: PEMBAHASAN
2.1 Silabus PKN kelas 1 semester 2 ......................................................... 3
2.2 Pengertian Hak .................................................................................. 9
2.3 Pengertian Kewajiban ........................................................................ 9
2.4 Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Rumah
................................. 10
2.5 Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah
............................... 11
2.6 Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Masyarakat .......................... 13
BAB III: PENUTUP
3.1 Kesimpulan ................................................................................. ..... 14
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pendidikan Kewarganegaraan adalah pendidikan demokrasi yang
bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat berpikir kritis dan bertindak
demokratis, melalui aktivitas menanamkan kesadaran kepada generasi baru tentang
kesadaran bahwa demokrasi adalah bentuk kehidupan masyarakat yang paling
menjamin hak-hak masyarakat.
Pendidikan Kewarganegaraan dimaksudkan untuk memfokuskan pada pembentukan warganegara yang
memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi
warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan
oleh Pancasila dan UUD 1945.
Pendidikan Kewarganegaraan
diberikan dengan mengikuti Pancasila dan UUD 1945 dengan visi untuk menghasilkan warganegara yang mampu melaksanakan hak-hak dan
kewajibannya untuk menjadi warganegara. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar
kompetesi sesuai dengan jenjang persekolahan.
Dengan diterapkannya Pendidikan Kewarganegaraan pada Pendidikan
Sekolah Dasar, diharapkan siswa dapat menanamkan kesadaran untuk menjadi
warganegara melaksanakan hak-hak dan kewajibannya. Peran semua unsur baik dari sekolah, orang tua siswa maupun masyarakat sangat penting dalam mendukung
keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Kewarganegaraan.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana
silabus PKN kelas 1 semester 2?
2.
Apa pengertian
dari hak?
3.
Apa pengertian
dari kewajiban?
4.
Apa saja
contoh hak dan kewajiban?
1.3
Tujuan dan
Manfaat
1.
Untuk
mengetahui silabus PKN kelas 1
semester 2
2.
Untuk
mengetahuipengertian dari hak
3.
Untuk
mengetahuipengertian dari kewajiban
4.
Untuk mengetahuisaja contoh hak dan kewajiban
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
2.1
Silabus
Pembelajaran
Sekolah :
........................................
Kelas : I (Satu)
Semester : II (Dua)
Pelajaran : PKN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Materi Pokok dan Uraian
Materi
|
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
Menerapkan hak anak di rumah dan di
sekolah
|
Menjelaskan
hak anak untuk belajar dengan gembira dan didengar pendapatnya
|
§ Disiplin
§ Kerja keras
§ Kreatif
§ Demokratif
§ Rasa Ingin tahu
§ Cinta tanah air
§ Bersahabat
§ Menghargai prestasi
§ Gemar membaca
§ Peduli lingkungan
§ Peduli sosial
§ Tanggung jawab
|
§ Berorientasi tugas
dan hasil
§ Berani mengambil
resiko
§ Percaya diri
§ Keorisinilan
§ Berorientasi ke masa
depan
|
· Pengertian hak
|
·
Menjelaskan arti hak.
·
Menyebutkan hak anak di rumah
·
Menyebutkan hak anak di sekolah.
·
Menceritakan pengalaman kasih sayang orang tua.
|
· Melalui diskusi
sederhana siswa menyampaikan pengalaman yang berhubungan dengam hak anak yang
pernah diterimanya.
· Menyebutkan macam-macam
hak anak
·
Melalui contoh-contoh yang disampaikan siswa mengembil kesimpulan dan
membuat definisi dari hak.
|
· Penilaian
Sikap
· Penilaian
Pengetahuan
· Penilaian
Keterampilan
|
|
Buku
BSE Pelajaran PKN 1
|
|
Melaksanakan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
·
Disiplin
·
Kerja keras
·
Kreatif
·
Demokratif
·
Rasa Ingin tahu
·
Cinta tanah air
·
Bersahabat
·
Menghargai prestasi
·
Gemar membaca
·
Peduli lingkungan
·
Peduli sosial
·
Tanggung jawab
|
·
Berorientasi tugas dan hasil
·
Berani mengambil resiko
·
Percaya diri
·
Keorisinilan
·
Berorientasi ke masa depan
|
· Hak anak dirumah dan disekolah
|
·
Menjelaskan cara
menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
·
Menceritakan
kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan.
·
Menyebutkan
berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di
sekolah.
·
Berani bertanya
tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan
|
· Memberi pujian dan
penguatan kepada siswa yang menyampaikan keinginannya dengan cara dan bahasa
yang sopan.
· Menjelaskan alasan
mengapa ketika meminta/ menyampaikan keinginan tersebut harus dilakukan
dengan cara dan bahasa yang sopan.
·
Siswa memperagakan sesuai dengan cara dan bahasa yang sopan
|
· Penilaian
Sikap
· Penilaian
Pengetahuan
· Penilaian
Keterampilan
|
|
Buku
BSE Pelajaran PKN 1
|
|
·
Melaksanakan
aturan yang berlaku di masyarakat
|
·
Disiplin
·
Kerja keras
·
Kreatif
·
Demokratif
·
Rasa Ingin tahu
·
Cinta tanah air
·
Bersahabat
·
Menghargai prestasi
·
Gemar membaca
·
Peduli lingkungan
·
Peduli sosial
·
Tanggung jawab
|
·
Berorientasi tugas dan hasil
·
Berani mengambil resiko
·
Percaya diri
·
Keorisinilan
·
Berorientasi ke masa depan
|
·
Hak anak di masyarakat
|
·
Menyebutkan
kegiatan-kegiatan yang dilaksankan di lingkungan masyarakat.
·
Menjelaskan
kewajiban warga sebagai anggota masyarakat.
·
Menyebutkan tata
tertib yang berlaku di masyarakat
|
· Dengan diawali tanya jawab
siswa menyebutkan kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat terutama yang
berhubungan dengan kesehatan.
· Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan, pelaksanaan, peserta dan
manfaat kerja bakti di daerahnya.
· Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara berkelompok.
·
Melaporkan hasil diskusi
|
· Penilaian
Sikap
· Penilaian
Pengetahuan
· Penilaian
Keterampilan
|
|
Buku
BSE Pelajaran PKN 1
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Materi Pokok dan Uraian
Materi
|
Gagasan Kegiatan
Pembelajaran
|
IndikatorPencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di
sekolah
|
· Kewajiban di rumah dan di sekolah
|
· Disiplin
· Kerja keras
· Kreatif
· Demokratif
· Rasa Ingin tahu
· Cinta tanah air
· Bersahabat
· Menghargai prestasi
· Gemar membaca
· Peduli lingkungan
· Peduli sosial
· Tanggung jawab
|
· Berorientasi tugas
dan hasil
· Berani mengambil
resiko
· Percaya diri
· Keorisinilan
· Berorientasi ke masa
depan
|
· Pengertian
Kewajiban
|
· Melalui
penjelasan dari guru, dijelaskan tentang pengertian dari kewajiban.
· Melalui
pengamatan siswa menyebutkan aturan yang berlaku pada sebuah keluarga.
· Melalui
pengamatan siswa menyebutkan aturan yang berlaku pada sebuah sekolah.
|
· Menjelaskan
pengertian kewajiban.
· Menyebutkan
kewajiban anak di rumah
· Menyebutkan
kewajiban anak disekolah
|
· Penilaian
Sikap
· Penilaian
Pengetahuan
· Penilaian
Keterampilan
|
|
Buku
BSE pelajaran PKN 1
|
|
· Mengikuti Kewajiban di rumah dan di sekolah
|
· Disiplin
· Kerja keras
· Kreatif
· Demokratif
· Rasa Ingin tahu
· Cinta tanah air
· Bersahabat
· Menghargai prestasi
· Gemar membaca
· Peduli lingkungan
· Peduli sosial
· Tanggung jawab
|
· Berorientasi
tugas dan hasil
· Berani mengambil
resiko
· Percaya diri
· Keorisinilan
· Berorientasi ke masa
depan
|
· Kewajiban
anak di rumah dan dirumah
|
· Mengamati apa saja tugas dan kewajiban yang dilakukan oleh setiap
anggota keluarga, kemudian menceritakan di depan kelas
· Mengamati apa saja tugas dan kewajiban yang dilakukan oleh setiap anggota
sekolah, kemudian menceritakan di depan kelas
|
·
Membandingkan
tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga
·
Membandingkan
tugas dan kewajiban setiap anggota sekolah
·
Melaksanakan piket
sesuai dengan jadwal
|
· Penilaian
Sikap
· Penilaian
Pengetahuan
· Penilaian Keterampilan
|
|
Buku
BSE pelajaran PKN 1
|
|
· Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
|
· Disiplin
· Kerja
keras
· Kreatif
· Demokratis
· Rasa Ingin
tahu
· Cinta
tanah air
· Bersahabat
· Menghargai
prestasi
· Gemar membaca
· Peduli
lingkungan
· Peduli
sosial
· Tanggung
jawab
|
§ Berorientasi tugas
dan hasil
§ Berani mengambil
resiko
§ Percaya diri
§ Keorisinilan
§ Berorientasi ke masa
depan
|
·
Penerapan
Kewajiban dirumah dan disekolah
|
· Dengan
bimbingan guru siswa melakukan diskusi sederhana tentang tata tertib yang sudah dilaksanakan di
rumah.
· Dengan
bimbingan guru siswa melakukan diskusi sederhana tentang tata tertib yang sudah dilaksanakan di
sekolah.
· Mengelompokkan
jenis tata tertib yang ringan dan berat untuk dilaksanakan.
|
· Melaksanakan
tata tertib di rumah.
· Melaksanakan
tata tertib di sekolah.
|
· Penilaian
Sikap
· Penilaian
Pengetahuan
· Penilaian
Keterampilan
|
|
Buku
BSE pelajaran PKN 1
|
|
· Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
|
·
Disiplin
· Kerja keras
· Kreatif
· Demokratif
· Rasa Ingin tahu
· Cinta tanah air
· Bersahabat
· Menghargai prestasi
· Gemar membaca
· Peduli lingkungan
· Peduli sosial
· Tanggung jawab
|
· Berorientasi
tugas dan hasil
· Berani mengambil
resiko
· Percaya diri
· Keorisinilan
· Berorientasi ke masa
depan
|
· Kewajiban
anak di masyarakat
|
· Menuliskan
contoh-contoh peraturan di masyarakat yang harus ditaati oleh warga
· Menceritakan
perasaannya ketika menjalankan peraturan yang berlaku pada masyarakat.
· Menuliskan
akibat tidak patuh pada peraturan di
lingkungan masyarakat.
|
·
Menyebutkan
manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
·
Menjelaskan akibat
jika tidak patuh pada peraturan di
lingkungan masyarakat.
|
· Penilaian
Sikap
· Penilaian
Pengetahuan
· Penilaian
Keterampilan
|
|
Buku
BSE pelajaran PKN 1
|
2.2
Pengertian Hak
Di dalam Kamus Bahasa Indonesia hak memiliki
pengertian tentang sesuatu hal yang benar, milik, kepunyaan, kewenangan,
kekuasaan untuk berbuat sesuatu (karena telah ditentukan oleh undang-undang,
aturan, dsb), kekuasaan yang benar atas sesuatu atau untuk menuntut sesuatu,
derajat atau martabat. Menurut Prof. Dr. Notonegoro: Hak adalah kuasa
untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan
melulu oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain manapun juga yang
pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya.
Menurut para ahli secara umum: Hak adalah segala
sesuatu yang kita terima setelah melakukan kewajiban dan bersifat fakultatif
yang artinya dapat diambil ataupun tidak oleh individu. Sehingga dapat
dikatakan, hak adalah segala sesuatu yang harus di dapatkan oleh setiap
individu yang telah ada sejak lahir bahkan sebelum lahir. Hak pada umumnya
didapat dengan cara diperjuangkan melalui pertanggungjawaban atas kewajiban .
Hak akan kita terima setelah melaksanakan kewajiban dan dapat diambil atau
tidak oleh individu tersebut.
2.3
Pengertian Kewajiban
Menurut Prof. Dr.
Notonegoro: Kewajiban berasal dari kata wajib. Menurut Prof. Dr.
Notonagoro, wajib adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya
dibiarkan atau diberikan semata-mata (ansih) oleh pihak tertentu tidak dapat
oleh pihak lain manapun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh
yang berkepntingan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan dengan
penuh rasa tanggung jawab.Menurut para
ahli secara umum: Kewajiban adalah segala sesuatu yang dianggap sebagai suatu
keharusan/kewajiban untuk dilaksanakan oleh individu sebagai anggota warga
negara guna mendapatkan hak yang pantas untuk didapat. Kewajiban bisa kita
artikan sebagai Liabilitas (bahasa Inggris: liability) adalah Hutang yang harus
dilunasi atau pelayanan yang harus dilakukan pada masa datang pada pihak lain.
Liabilitas adalah kebalikan dari aset dalam hal ini “Hak” yang merupakan
sesuatu yang dimiliki.
Kewajiban
adalah segala sesuatu yang harus dilakukan/dilaksanakan oleh masing-masing
individu sehingga bisa mendapatkan haknya secara layak. Suatu kewajiban dapat
dikatakan sebagai hutang yang harus dilunasi untuk memperoleh apa yang harus
seseorang miliki. Kewajiban adalah keharusan untuk melakukan sesuatu
berdasarkan norma tertentu. Sehingga dapat dikatakan bahwa kewajiban adalah
segala sesuatu yang dianggap sebagai suatu keharusan yang hukumnya wajib untuk
dilaksanakan oleh individu sebagai warga sekolah untuk mendapatkan hak yang
pantas untuk didapatkan. Kewajiban pada umumnya mengarah pada suatu
keharusan/kewajiban bagi individu dalam melaksanakan peran sebagai anggota
warga sekolah guna mendapat pengakuan akan hak yang sesuai dengan pelaksanaan
kewajiban tersebut.
2.4
Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Rumah
a.
Contoh Hak
Dirumah
1.
Hak mendapatkan kasih
sayang dari orang tuanya
2.
Hak mendapatkan makan
dan minum
3.
Hak mendapatkan
kesempatan untuk berteman atau bergaul
4.
Hak didengarkan
pendapatnya
5.
Hak mendapatkan pakaian
6.
Hak mendapatkan tempat
tinggal
7.
Hak mendapatkan
pendidikan dari orang tua
8.
Hak mendapatkan
waktu untuk bermain dengan gembira
9.
Hak mendapatkan jaminan
kesehatan dari orang tua
10.
Hak mendapatkan
kesempatan untuk bersekolah
11.
Hak mendapatkan
perlindungandan keamanan dari orang tua
12.
Hak mendapatkan
perhatian dari orang tua
b.
Contoh
Kewajiban Dirumah
1.
Kewajiban untuk bangun
tidur pagi hari
2.
Kewajiban untuk menata
kembali tempat tidur sehabis bangun tidur
3.
Kewajiban untuk pulang
sekolah tepat waktu
4.
Kewajiban untuk belajar
di rumah
5.
Kewajiban untuk
menyelesaikan pekerjaan rumah
6.
Kewajiban untuk
membantu ayah dan ibu di rumah dengan tulus ikhlas
7.
Kewajiban untuk
beribadah (melakukan kewajiban kepada Tuhan dengan ibu dan ayah serta
saudara-saudaranya)
2.5
Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah
a.
Contoh
hak di sekolah:
1.
Hak untuk
dapat belajar dengan tenang
2.
Hak untuk
mendapatkan pendidikan dan pelajaran dari guru
3.
Hak untuk
mendapatkan banyak teman di sekolah
4.
Hak untuk
dapat belajar ilmu agama dan keterampilan
5.
Hak untuk
dapat meminjam buku perpustakaan
6.
Hak untuk
menggunakan fasilitas pembelajaran sesuai dengan prosedur dan ketentuan
yang berlaku
7.
Hak untuk
mendapatkan kasih sayang dan bimbingan guru
8.
Hak untuk
mendapatkan perlakuan adil dari guru
9.
Hak untuk
mendapatkan penghargaan berupa piagam penghargaan atas prestasi yang
dicapai.
10. Hak untuk mendapatkan raport dan
nilai yang bagus sesuai dengan kemampuan
11. Hak untuk mendapatkan porsi
pengembangan sesuai potensi yang dimiliki
12. Hak untuk mendapatkan bimbingan
dan konsultasi secara optimal dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya
13. Hak untuk mendapatkan
perlindungan selama berada di lingkungan sekolah pada jam belajar dan penugasan
b.
Contoh Kewajiban
Disekolah
1.
Kewajiban siswa untuk
mengikuti seluruh kegiatan sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2.
Kewajiban siswa untuk
meninggalkan lingkungan sekolah segera setelah kegiatan yang diikutinya
berakhir.
3.
Kewajiban siswa untuk
mewujudkan dan memelihara ketertiban,
keamanan, keindahan, kekeluargaan dan kerindangan di lingkungan sekolah
4.
Kewajiban siswa untuk
hadir di sekolah sebelum bel sekolah dibunyikan.
5.
Kewajiban siswa untuk
memberi keterangan izin/sakit/berhalangan yang sah (dari orang
tua/wali/dokter/polisi) pada saat tidak masuk sekolah.
6.
Kewajiban siswa untuk
mengikuti upacara bendera dan apel.
7.
Kewajiban siswa untuk
memelihara seluruh fasilitas yang ada di lingkungan sekolah.
8.
Kewajiban siswa untuk
menyiapkan, menggunakan dan memelihara seluruh peralatan dan perlengkapan
belajar mengajar.
9.
Kewajiban siswa untuk
mematuhi berbagai ketentuan khusus yang mengatur pengunaan fasilitas di
lingkungan sekolah.
10. Kewajiban siswa untuk menggunakan pakaian sesuai dengan jadwal dan
ketentuan yang telah ditetapkan.
11. Rambut harus rapi, tidak dicat dan tidak mengganggu belajar (untuk siswa
putra tidak melebihi kerah kemeja, alis mata dan telinga)
12. Kewajiban siswa untuk membawa alat -alat belajar (buku paket, buku catatan,
buku tugas, dan alat- alat tulis)
13. Siswa tidak diperkenankan meninggalkan kelas tanpa seizin guru kelas atau
guru piket.
14. Siswa tidak boleh membawa barang-barang yang tidak berhubungan dengan
pelajaran ke sekolah.
15. Kewajiban siswa untuk mengikuti ulangan yang diadakan sekolah
16. Kewajiban siswa untuk menjaga
kebersihan sekolah
17. Kewajiban siswa untuk mentaati dan
melaksanakan tata tertib sekolah
18. Kewajiban siswa untuk menjaga nama
baik sekolah
2.6
Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Masyarakat
a.
Contoh hak anak
di masyarakat
1.
Anak punya hak untuk
berpendapat dalam bermusyawarah
2.
Anak punya hak untuk
dihormati
3.
Anak punya hak untuk
bergaul dengan orang-orang di lingkungan masyarakat
b.
Contoh kewajiban anak
dimasyarakat
1. Dengan tetangga dan masyarakat, anak harus
senantiasa rukun dan tolong menolong
2. Bersama-sama mereka, anak wajib menjaga
kebersihan dan keamanan serta ketertiban lingkungan
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Hak adalah segala sesuatu yang harus di dapatkan oleh setiap individu yang
telah ada sejak lahir bahkan sebelum lahir. Hak pada umumnya didapat dengan
cara diperjuangkan melalui pertanggungjawaban atas kewajiban.
Kewajiban
adalah segala sesuatu yang dianggap sebagai suatu keharusan yang hukumnya wajib
untuk dilaksanakan oleh individu sebagai warga sekolah untuk mendapatkan hak
yang pantas untuk didapatkan. Kewajiban pada umumnya mengarah pada suatu
keharusan/kewajiban bagi individu dalam melaksanakan peran sebagai anggota
warga sekolah guna mendapat pengakuan akan hak yang sesuai dengan pelaksanaan
kewajiban tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:
Balai Pustaka, 1996.
Sunarso. 2009. Pelajaran Pendidikan Kewarganegaran Kelas 1
Sekolah Dasar. Bogor: Yudistira.
Komentar
Posting Komentar